TribunJualBeli.com

Jelang Bulan Ramadhan, 11 Orang dengan Kondisi Ini Tidak Dianjurkan Ikut Berpuasa

zoom-in Jelang Bulan Ramadhan, 11 Orang dengan Kondisi Ini Tidak Dianjurkan Ikut Berpuasa Orang dengan Kondisi Ini Tak Dianjurkan Ikut Berpuasa Ramadhan | dok.kredivo via kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan tahun 2021 ini.

Kurang dari 2 bulan, yaitu tepatnya tanggal 12 April 2021, seluruh umat muslim akan mulai menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah.

Sayangnya, ramadhan di tahun ini masih dalam kondisi pandemi yang mengharuskan sejumlah aktivitas ibadah dibatasi dan dilakukan di rumah.

Pembatasan aktivitas ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona kian meluas.

BACA JUGA: Jelang Puasa: Jangan Panik, Begini Tips Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi Saat Sedang Puasa

BACA JUGA: Cuti Ramadhan Dipangkas Jadi 2 Hari, Tapi Tetep Pengen Mudik? Begini Tips Agar Tak Ribet Bawa Banyak Barang

Terkait kelangsungan puasa Ramadhan, dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Ari Fahrial Syam mengungkapkan, ada 11 kelompok pasien yang tidak disarankan untuk menjalankan puasa Ramadhan.

Orang dengan Kondisi Ini Tak Dianjurkan Ikut Berpuasa Ramadhan |Kompas.com

Siapa saja mereka?

1. Pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam keadaan diinfus baik infus cairan maupun makanan atau pasien yang sedang mendapat transfusi darah.

Menurutnya, tindakan tersebut dapat membatalkan puasa.

"Pemberian infus makanan dan darah membatalkan puasa. Tentu hal ini berlaku untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat," ujar Ari kepada Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

2. Seseorang yang sedang dalam infeksi akut. Misalnya, radang tenggorokan berat, demam tinggi, diare akut, pneumonia, infeksi saluran kencing dan infeksi lain yang menyebabkan demam tinggi.

Halaman
123

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :