TribunJualBeli.com

Atasi Persoalan Bau Badan dengan Daun Sirih, Begini Caranya

zoom-in Atasi Persoalan Bau Badan dengan Daun Sirih, Begini Caranya Sirih dapat tumbuh subur di pekarangan rumah dan mudah dijumpai di penjual tanaman, sehingga kita bisa menanamnya sendiri di rumah | ilustrasi Blog Tribunjualbeli

TRIBUNJUALBELI.COM - Memiliki persoalan bau badan sangatlah mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri, terutama jika sedang berada di dekat orang lain.

Ada beragam penyebab bau badan. Menurut Medical News Today, beberapa di antaranya adalah pubertas, rutin makan pedas, kondisi medis tertentu seperti diabetes, hingga terlalu banyak berkeringat.

Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau.

Kondisi yang membuat keringat bau adalah perkembangbiakan bakteri yang terjadi dengan cepat akibat adanya berkeringat, yang kemudian dipecah menjadi asam dan menimbulkan bau tidak sedap.

Nah, selain bisa menggunakan produk-produk penghilang bau badan, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya daun sirih.

BACA JUGA : Simak Manfaat Daun Sirih, Bisa Melancarkan Haid Hingga Sebagai Obat Demam Berdarah

BACA JUGA : 5 Makanan Sehat yang Ternyata Bikin Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sirih dapat tumbuh subur di pekarangan rumah dan mudah dijumpai di penjual tanaman, sehingga kita bisa menanamnya sendiri di rumah.

Menurut SehatQ via kompas, kandungan antioksidan di dalam daun sirih berfungsi mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk salah satunya bau badan.

Tak hanya antioksidan, senyawa antibakteri di dalam daun sirih yang mampu mengusir bau badan secara alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung, serta kesehatan kulit.

Lalu, bagaimana cara pemakaiannya?

Mengutip buku "Tanaman Obat Tradisional (Jilid II)" yang ditulis oleh Sopandi (2018), bagian yang digunakan dari sirih adalah daun, getah dan minyaknya.

Untuk menghilangkan bau badan, dianjurkan untuk melakukan langkah-langkah berikut:

- Ambil 2-3 lembar daun sirih lalu rendam di dalam setengah gelas air panas.

Halaman
12

Editor: Zahrina Oktaviana
Sumber: kompas.com




Artikel Terkait :