TribunJualBeli.com

Bila Merasakan 4 Gejala Ini, Artinya Antibodi Tubuh Bertahan Lama dari Covid-19

zoom-in Bila Merasakan 4 Gejala Ini, Artinya Antibodi Tubuh Bertahan Lama dari Covid-19 Ilustrasi demam tinggi satu diantara gejala Covid-19 | Kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat, apalagi saat ini sudah banyak tempat wisata yang telah dibuka kembali.

Meski sudah melakukan Rapid dan Swab tes sesuai protokol kesehatan yang berlaku, tidak memungkiri siapa saja dapat terkena virus tersebut.

Virus Covid-19 sangat berdampak terhadap manusia, satu diantara menyerang imunitas tubuh.

Namun, studi terbaru memperlihatkan adanya hubungan antara gejala Covid-19 dengan imunitas yang mungkin diperoleh pasien setelah pemulihan.

Seperti yang diketahui, antibodi setelah terinfeksi hanya dapat bertahan selama 3-6 bulan dan setelah itu akan mulai berkurang.

BACA JUGA : Waspada 7 Gejala Lain dari Varian Baru Virus Corona yang Mungkin Timbul

BACA JUGA : Catat, Ini 5 Tips Liburan Aman dari Penularan Virus Corona

Para ahli percaya, bahwa tingkat antibodi atau kekebalan yang tubuh kita miliki dapat menentukan risiko reinfeksi virus.

Tingkat kekebalan tubuh juga berperan pada orang dengan komorbiditas tertentu, yang lebih mungkin untuk terinfeksi lagi.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin, menegaskan bahwa gejala Covid-19 dapat menunjukkan seberapa besar seseorang berisiko untuk reinfeksi.

Menurut para peneliti, orang-orang dengan kasus infeksi yang lebih ringan dianggap memiliki kekebalan yang lebih rendah.

Studi ini menganalisis sampel darah dari 113 pasien yang pulih dari Covid-19 selama lima minggu dan kemudian dibandingkan dengan sampel darah yang diambil setelah tiga bulan.

Halaman
1234

Editor: laylanura
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :