TribunJualBeli.com

Dampak Fenomena La Nina, Berikut Wilayah Indonesia yang Bakal Alami Hujan Lebat Sepekan ke Depan

zoom-in Dampak Fenomena La Nina, Berikut Wilayah Indonesia yang Bakal Alami Hujan Lebat Sepekan ke Depan Ilustrasi dampak fenomena la nina, wilayah ini bakal alami hujan lebat | The Straits Times

TRIBUNJUALBELI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Indonesia waspada akan adanya fenomena La Nina di Samudera Pasifik.

Sejumlah wilayah Indonesia harus mewaspadai adanya potensi hujan lebat dalam sepekan mendatang, akibat beberapa kondisi atmosfer.

Peringatan dini potensi hujan lebat sepekan ke depan ini dikeluarkan oleh BMKG pada Minggu (18/10/2020).

Sebelumnya, BMKG telah merilis informasi yang menyatakan, bahwa saat ini tengah terjadi fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderat).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyampaikan bahwa BMKG melakukan pemantauan terhadap indikator laut dan atmosfer.

BACA JUGA : BMKG: Waspadai Siklon Tropis Nangka 988, Berikut Daftar Wilayah Indonesia yang Kena Dampaknya

BACA JUGA : Jangan Panik, Ini Penjelasan BMKG Terkait Potensi Tsunami 20 Meter dan Gempa Megathrust

Hasil analisis pemantauan tersebut ternyata menunjukkan, suhu permukaan laut mendingin -0.5 derajat celsius hingga -1.5 derajat celsius selama dasarian terakhir atau 70 hari.

Ini juga diikuti oleh dominasi aliran zonal angin timuran yang merepresentasikan penguatan angin pasat.

"Bagi Indonesia, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah," kata Guswanto.

Guswanto berkata, dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia tidak seragam, baik secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim atau bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina itu sendiri.

Halaman
1234

Editor: Achadiyah Nurul
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :