TribunJualBeli.com

Apa Benar Motor Memakai Pertamax Lebih Irit Ketimbang Pertalite? Ini Jawabannya

zoom-in Apa Benar Motor Memakai Pertamax Lebih Irit Ketimbang Pertalite? Ini Jawabannya Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia ini terbagi menjadi 4 RON.

TRIBUNJUALBELI.COM - Dari beberapa negara yang ada di Asia Tenggara dan sekitarnya, hanya Indonesia yang masih menyediakan bahan bakar berkualitas rendah.

Secara harga memang lebih murah, namun ternyata jika dihitung jangka panjang kenyataannya berbeda.

Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif KPBB (Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), mengatakan bahwa bahan bakar berkualitas rendah yang dimaksud adalah Premium, Pertalite, Solar (CN 48), dan Dexlite.

"Bahan bakar yang bagus itu setara dengan Pertamax dan Pertamax Turbo. Pertamax sudah sesuai dengan standar Euro 2 dan Pertamax Turbo sudah sesuai dengan Euro 4," ujar pria yang akrab disapa Puput tersebut, di Sarinah, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

BACA JUGA : Gaya Mengemudi Seperti Ini Bikin Mobil Boros BBM

BACA JUGA : Motormu Boros Bahan Bakar? Yuk Cek 5 Penyebab yang Bikin Boros BBM Berikut Ini

Puput menambahkan, untuk kendaraan bermesin diesel, sebaiknya gunakan Pertadex yang sudah berstandar Euro 3 atau Pertadex HQ.

"Jadi, masyarakat atau konsumen yang beli bahan bakar tersebut, jangan merasa mahal. Bisa dibandingkan, antara Premium dengan Pertamax," kata Puput.

Puput menjelaskan, jarak tempuh kendaran yang menggunakan Pertamax akan lebih jauh dari yang menggunakan Premium.

Jadi, sekalipun Premium harganya lebih murah, tapi begitu digunakan di kendaraan, Pertamax akan mencapai jarak yang lebih jauh.

Sehingga, nanti ongkos per kilometer dari perjalanan kendaraan tadi akan sama.

"Jika begitu, kan lebih baik gunakan yang bagus sekalian. Bahan bakar yang bagus juga tidak akan merusak kendaraan. Jika pakai bahan bakar yang berkualitas rendah, bisa menyebabkan knocking atua mesin mengelitik," ujar Puput.

Halaman
12345

Editor: Andra Kusuma
Sumber: KOMPAS.COM




Artikel Terkait :