TribunJualBeli.com

Deteksi Sejak Dini Penyakit Mematikan Kanker Serviks, Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan

zoom-in Deteksi Sejak Dini Penyakit Mematikan Kanker Serviks, Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan Deteksi Sejak Dini Penyakit Mematikan Kanker Serviks | shutterstock via Kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Penyakit mematikan yang paling banyak ditakutkan wanita adalah kanker leher rahim atau kanker serviks.

Salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita ini juga menjadi penyebab utama kematian karena penyakit kanker.

Di Indonesia sendiri dilaporkan setiap harinya ditemukan 41 kasus baru dan 20 kasus kematian yang disebabkan oleh kanker serviks.

Deteksi Sejak Dini Penyakit Mematikan Kanker Serviks | Kompas.com

Merangkum Medical News Today, penyebab utama kanker serviks adalah infeksi virus HPV atau human papilomavirus yang menimbulkan perubahan perangai permukaan sel di serviks.

Dari sekian banyak HPV, diketahui hanya tipe HPV onkogenik tertentu yang paling sering menyebabkan kanker serviks, yakni HPV tipe 16 dan HPV tipe 18.

BACA JUGA: 11 Tanda Wanita Mandul yang Bisa Dideteksi Sejak Remaja, Ini Ciri-cirinya

BACA JUGA: Jarang Diketahui, Ini 5 Tanda Kita Sebenarnya Sudah Lama Terinfeksi Virus Corona

Penularan infeksi HPV ini dapat terjadi salah satunya karena hubungan seksual.

Risiko penularan virus kemudian menjadi meningkat bila wanita sering berganti-ganti pasangan seksual, perokok, dan telah terinfeksi HIV/AIDS maupun penyakit kelamin lainnya.

Penularan virus penyebab kanker serviks juga mudah terjadi pada wanita karena kekurangan asam folat serta zat-zat antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A, termasuk pengguna KB hormonal jangka panjang.

Halaman
12345

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :