TribunJualBeli.com

Gage Segera Berlaku Kembali, Berikut Kendaraan yang Kebal Aturan Ganjil Genap

zoom-in Gage Segera Berlaku Kembali, Berikut Kendaraan yang Kebal Aturan Ganjil Genap Ilustrasi Rambu Aturan Ganjil Genap | Kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Setelah berapa lama dihilangkan, aturan ganjil genap (gage) segera berlaku kembali dimulai Senin (3/8/2020) .

Penerapan ganjil genap yang akan berlaku lagi hanya akan menyasar kendaraan pribadi roda empat saja.

Sedangkan untuk sepeda motor atau kendaraan roda dua masih bebas, belum diberlakukan untuk 25 ruas jalan yang kembali menerapkan aturan ganjil genap.

Aturan ini ditujukan untuk membatasi jumlah mobil yang melintas di jalan raya.

Mengingat, semenjak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) transisi volume kendaraan justru mengalami peningkatan yang signifikan.

Gage Segera Berlaku Kembali, Berikut Kendaraan yang Kebal Aturan Ganjil Genap | Kompas.com

BACA JUGA:

Asal Pasang Pelat Nomor Kendaraan Bisa Kena Denda Rp 500 Ribu, Ini Aturan Lengkapnya

Tidak Boleh Sembarangan, Mendorong Mobil Mogok Ternyata Ada Aturannya

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan ( Dishub) DKI Jakarta, berharap aturan ini bisa membatasi kepadatan lalu lintas yang terjadi di DKI Jakarta.

“Harapannya, masyarakat tidak melakukan perjalanan yang enggak penting. Misalnya nomor ganjil lebih baik tetap di rumah,” kata Syafrin kepada Kompas.com belum lama ini.

Syafrin menambahkan, dengan pola ini diharapkan volume lalu lintas turun dan paling utama adalah tidak terjadi penumpukan (kendaraan) di pusat-pusat kegiatan atau tempat keramaian.

Kadishub DKI Jakarta itu juga menyampaikan, meski baru diterapkan kembali di masa pandemi Covid-19 ini aturannya tetap sama seperti sebelumnya.

Aturan gage ini juga tidak menyasar seluruh kendaraan yang akan melintas tetapi tetap ada pengecualian untuk beberapa kriteria kendaraan.

Halaman
1234

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :