TribunJualBeli.com

Dokter Spesialis Peringatkan Gejala Konjungtivitis Covid-19; Mata Merah, Perih, dan Berair

zoom-in Dokter Spesialis Peringatkan Gejala Konjungtivitis Covid-19; Mata Merah, Perih, dan Berair Dokter Spesialis Peringatkan Gejala Konjungtivitis Covid-19; Mata Merah, Perih, dan Berair | Tribun Kaltim via Freepik.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Dokter spesialis mata, dr Ferdiriva Hamzah, kembali menegaskan perihal fakta mengenai virus corona (Covid-19) yang memunculkan gejala konjungtivitis seperti mata merah, mata bengkak dan mata berair.

Para tenaga medis diimbau untuk selalu menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) saat menangani pasien dengan keluhan mata konjungtivitis tersebut.

Melalui akun Twitternya @ferdiriva, ia menyampaikan hal tersebut, sebab keluhah terkait mata cukup sering ditemukan pada pasien dengan Covid-19.

"Teman sejawat yang kedatangan pasien mata merah (konjungtivitis), periksa mata pasien pake APD lengkap ya (+ handschoen, goggles jika ada). Mata merah, bengkak, berair cukup sering ditemukan pada pasien dengan Covid-19," tulisnya.

Dokter Spesialis Peringatkan Gejala Konjungtivitis Covid-19; Mata Merah, Perih, dan Berair | Health.Grid via Stylecraze.com
Dokter Spesialis Peringatkan Gejala Konjungtivitis Covid-19; Mata Merah, Perih, dan Berair | Health.Grid via Stylecraze.com

BACA JUGA:

Justru Paling Berbahaya, 6 Gejala Tak Umum Virus Corona yang Jarang Diketahui

Ferdiriva pun kemudian menjelaskan soal laporan terkait keluhan tersebut.

"Ada laporan yang mengungkapkan kalo virus ini ada di air mata. Jadi buat dokter yang periksa pasien mata merah, wajib pake handschoen. Cuci tangan yang benar sebelum dan sesudah periksa pasien," tulisnya lagi.

Diketahui Ferdiriva merujuk pada laporan dari American Academy of Ophthalmology (aao.org), yang melaporkan dua kasus terkait gejala Covid-19 berupa konjungtivitis.

Konjungtivitis sendiri merupakan mata merah yang terjadi akibat infeksi membran transparan (juga dikenal sebagai konjungtiva) yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih dari bola mata.

Konjungtivis menunjukkan mata merah yang disertai rasa gatal pada mata dan mata berair.

Halaman
12

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Health.Grid




Artikel Terkait :

Update Harga Smartphone Xiaomi Per Juni 2020, Redmi 8A Pro Rp 1,5 Juta

dillamichiko   11 jam lalu

Masa Pandemi Covid-19, Perlukah SIKM saat Transit di Bandara Jakarta?

Lilyana Siradj   11 jam lalu

Wabah Ebola Kongo di Tengah Pandemi Covid-19, Kenali Gejalanya

Lilyana Siradj   12 jam lalu

Skema Kredit Motor Suzuki GSX-S150 Keyless, Cicilan Terjangkau

Lilyana Siradj   13 jam lalu