TribunJualBeli.com

Ternyata Hukum Sunat untuk Laki Laki di Kota Ini Dilarang. Begini Penjelasannya

zoom-in Ternyata Hukum Sunat untuk Laki Laki di Kota Ini Dilarang. Begini Penjelasannya Foto Ilustrasi (blogspot.com)

TRIBUNJUALBELI.COM - Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Parlemen di Islandia saat ini sedang mempersiapkan sebuah undang-undang terkait pelarangan praktik sunat.

Jika proposal rancangan undang-undang itu disetujui, maka Islandia akan menjadi negara pertama di Eropa yang mengeluarkan larangan dengan ancaman pidana atas praktik itu.

Hal itu berarti, orang dewasa -ataupun orangtua yang membawa anaknya untuk dikhitan, akan diancam dengan hukuman penjara hingga enam tahun.

Tentu saja, rencana ini menjadi topik yang kontroversial, di mana kedua kubu -baik yang menentang atau pun mendukung memiliki argumentasi yang sama kuat.

Sejalan dengan ide itu, muncul pula banyak pertanyaan mengenai apa sebanarnya sirkumsisi, dampak, dan alasan orang melakukan tindakan itu.

Di Indonesia, khitan merupakan praktik yang lumrah pada setiap anak laki-laki. Langkah tersebut dilakukan dengan memotong kulit yang menyelubungi bagian kepala penis.

Dalam beberapa kasus, sunat harus dilakukan atas pertimbangan kondisi kesehatan tertentu, misalnya saat bagian kelenjar di penis kerap meradang.

Kendati demikian, -seperti halnya di Indonesia, khitan umumnya dilakukan atas alasan kepercayaan.

Di Eropa, selain Islam, Agama Yahudi, dan juga Kristen mempraktikan sunat kepada anak laki-laki.

Praktik ini pun lazim di Amerika Serikat, dan beberapa wilayah di Asia dan Afrika.

Halaman
123

Editor: ANDKP
Sumber: Kompas.com



Artikel Terkait :