TribunJualBeli.com

Mobil Langka Dijual Terjangkau, Segini Harga Suzuki Ertiga Diesel Bekas

zoom-in Mobil Langka Dijual Terjangkau, Segini Harga Suzuki Ertiga Diesel Bekas Daftar harga Suzuki Ertiga diesel yang unitnya terbatas di pasaran | Youtube/Otoseken

TRIBUNJUALBELI.COM - Pasar Low Multi Purpose Vihicle (LMPV) menjadi segmen paling ketat dalam penjualan mobil di Indonesia.

Salah satu nama besarnya ialah Suzuki Ertiga yang sudah hadir di Inonesia sejak tahun 2012 sebagai penantang nama besar lainnya, yaitu Toyota Avanza.

Namun banyak yang belum tahu bahwa Suzuki pernah mengeluarkan produk Ertiga versi diesel.

Mobil Suzuki Ertiga GL Manual 2012 Hitam Second Surat Lengkap Terawat - Jakarta Pusat

Ya, walau hanya dua tahun dipasarkan, sejak tahun 2016 hingga 2018, Suzuki pernah mengeluarkan LMPV dengan mesin diesel.

Ertiga diesel mengandalkan dapur pacu berkode D13A dengan teknologi Diesel Direct Injection System (DDIS). Kubikasi mesin ini sebesar 1.248 cc.

Berbekal mesin tersebut, Ertiga diesel mampu menghasilkan tenaga hingga 89 tk pada 4.000 rpm, cukup kecil bila dibandingkan dengan LMPV bermesin bensin.

Namun seperti mesin diesel lainnya, Suzuki Ertiga berbahan bakar solar ini memiliki torsi menjambak sebesar 200 Nm pada putaran bawah 1.750 rpm. Nilai itu jauh di atas LMPV sekelas berbahan bakar bensin.

Karena perjalanannya yang hanya dua tahunan, membuat unit Ertiga Diesel menjadi terbatas. tidak heran bila harga bekasnya masih stabil di angkat Rp 150 jutaan. Angka yang cukup tinggi untuk sebuah LPMV bekas.

Melansir Kompas.com, Fleet Sales & Business Initiative Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hendro Kaligis menjelaskan bahwa harga Ertiga diesel bekas yang stabil memang disebabkan populasinya yang jarang ada di pasaran.

“Kalau harga di-compare dengan harga belinya dulu, penurunannya memang sedikit. Ciri khas mobil yang jualannya sedikit seperti itu, ketika dijual bekasnya unitnya jarang, sementara pasarnya ada,” kata dia.

Halaman
12

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: kompas.com




Artikel Terkait :