TribunJualBeli.com

Mengenal Cara, Bahan dan Alat Membuat Kerajinan Tekstil dengan Tapestrin yang Mirip Seni Rajut

zoom-in Mengenal Cara, Bahan dan Alat Membuat Kerajinan Tekstil dengan Tapestrin yang Mirip Seni Rajut Tapestri merupakan sebuah teknik membuat karya tekstil dengan cara menenun benang-benang | tribunjogja/riezkyandhika

TRIBUNJUALBELI.COM - Tapestri merupakan sebuah teknik membuat karya tekstil dengan cara menenun benang-benang.

Tapestri memiliki kesamaan dengan merajut. Media yang digunakan dalam kerajinan tersebut seperti benang, sabut kelapa, kain, kertas yang digulung kecil serta benda lain.

Jenis tapestri seperti karpet, atau hiasan dinding dengan bahan dasar serat. Bentuk yang dibuat bermacak-macam, mulai dari ditenun, diikat, dirajut dan proses yang lain.

Berikut penjelasan lengkap mengenai kerajinan tekstil dengan tapestri.

BACA JUGA: Kerajinan Mini Macrame Kayu Ramin dan Tali Katun (Cotton Rope) - Jogja

BACA JUGA: Keranjang Anyaman Seagrass Cempluk Laundry Baju Kotor Satuan - Sleman

Para ahli antropologi menyatakan, kegiatan menenun sudah ada sejak 500 SM, terutama di daerah Mesopotamia dan Mesir.

Selanjutnya menyebar ke Eropa dan Asia, terutama India, Turki, dan Cina.

Oleh sebab itu, wilayah tersebut sejak dahulu telah dikenal sebagai penghasil permadani yang mendunia, baik dikerjakan dengan manual melalui keterampilan tangan maupun dengan mesin.

Di Indonesia pun terdapat banyak kekayaan tenun menenun dengan aneka ragam teknik dan prosesnya serta ragam hias yang beraneka ragam.

Tenun yang menggunakan alat tenun seperti gedogan ataupun Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), dalam pembuatan hiasan tenun serat ini pun mengikuti kebiasaan dalam pembuatan tenun pada umumnya.

Menenun bagi orang Indonesia merupakan suatu perwujudan upacara yang dimulai dari tahapan kerja yang jelas, tata tertib yang harus dipatuhi, dan menjelma menjadi suatu kebiasaan.

Halaman
123

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: tribunnews.com




Artikel Terkait :