TribunJualBeli.com

Tidak Bisa Sembarangan, Ini Alur Mengurus Sertifikat Jual Beli Rumah Atas Nama Orang Tua yang Sudah Meninggal

zoom-in Tidak Bisa Sembarangan, Ini Alur Mengurus Sertifikat Jual Beli Rumah Atas Nama Orang Tua yang Sudah Meninggal Tidak bisa begitu saja, ada beberapa hal yang harus diketahui terkait dengan jual beli tanah atas nama orang tua yang sudah meninggal.

TRIBUNJUALBELI.COM - Punya tinggalan warisan tanah dari orang tua yang sudah meninggal?

Kemudian kamu ingin menjualnya?

Tidak bisa begitu saja, ada beberapa hal yang harus diketahui terkait dengan jual beli tanah atas nama orang tua yang sudah meninggal.

Dilansir dari Kompas.com, Yulius Setiarto, SH dari Konsultan Hukum dari Setoarto and Partner Law firm, menjelaskan proses jual beli dengan kondisi tersebut di atas.

Cek harga Dijual Tanah 168m² Tepi Jl Raya Kerjo Kemuning SHM Nego - Karanganyar

Dalam hal hak atas tanah tersebut masih atas nama orang tua (bapak) yang telah meninggal, maka hal yang paling penting sebelum dilaksanakan transaksi jual beli tanah tersebut adalah, memastikan hal-hal sebagai berikut.

1. Memastikan Ahli Waris dari Pemilik Tanah.

Pastikan siapa saja ahli waris dari pemilik tanah tersebut.

Apabila istri dari almarhum masih hidup, maka harus dilihat lagi apakah tanah tersebut adalah tanah gono-gini antara almarhum dengan istrinya, walaupun mereka telah bercerai pada saat masih hidup.

Apabila merupakan harta gono-gini, maka istri beserta anak-anaknya yang sah harus tanda tangan dalam akta jual belinya nanti.

Halaman
1234

Editor: Andra Kusuma
Sumber: Blog.Tribunjualbeli.com




Artikel Terkait :