TribunJualBeli.com

Pemilik Jenis SIM Ini Tidak Boleh Melakukan Perpanjangan di Layanan SIM Keliling

zoom-in Pemilik Jenis SIM Ini Tidak Boleh Melakukan Perpanjangan di Layanan SIM Keliling Saat ini berbagai layanan membuat dan memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) telah dihadirkan guna memudahkan pemilik dalam mengaksesnya.

TRIBUNJUALBELI.COM - Saat ini berbagai layanan membuat dan memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) telah dihadirkan guna memudahkan pemilik dalam mengaksesnya.

Salah satunya melalui Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM Keliling.

Layanan ini sangat membantu sekali karena layanan yang sangat cepat.

Namun, untuk SIM jenis tertentu seperti BI dan BII belum bisa memanfaatkannya.

Dijelaskan Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Anrianto, hal tersebut dikarenakan SIM B menggunakan kendaraan berat lebih dari 3,5 ton.

Jadi, ada prosedur khusus yang berbeda dibanding golongan SIM lain seperti mobil atau motor pribadi (SIM A dan SIM C).

“Pemohon harus tetap mengikuti ujian simulator yang hanya ada di Kantor Satpas. Untuk SIM keliling tidak terdapat alat simulatornya,” kata Anrianto kepada Kompas.com belum lama ini.

Ia menambahkan, dasar hukum mengenai kewajiban mengikuti ujian simulator untuk melakukan perpanjangan SIM B I dan B II tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021.

Disarankan agar pemohon SIM golongan tersebut tidak melakukan perpanjangan pada waktu yang mepet atau mendekati habisnya masa berlaku.

Sebab, jika pengajuan perpanjangan SIM melewati masa berlakunya, otomatis status SIM dinyatakan mati.

Sehingga pemilik wajib mengikuti prosedur penerbitan SIM baru.

Editor: Andra Kusuma
Sumber: KOMPAS.COM



Artikel Terkait :