TribunJualBeli.com

3 Cara Basmi Hama Kutu Putih yang Menempel pada Tanaman Hias

zoom-in 3 Cara Basmi Hama Kutu Putih yang Menempel pada Tanaman Hias Basmi Hama Kutu Putih yang Menempel pada Tanaman Hias | SHUTTERSTOCK/VIKTORIALVANETS via Kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Perawatan tanaman hias memang gampang-gampang sulit, masalah yang paling sering dialami adalah hama.

Tanaman yang sudah terkena hama biasanya akan mudah layu hingga mati karena terserap nutrisinya.

Salah satu 'penyakit' yang cukup meresahkan pemilik tanaman adalah hama kutu putih.

Melansir Kompas.com dari Real Homes, Senin (8/3/2021), hama seperti kutu putih tampak sebagai serangga kecil bertubuh lunak yang dikelilingi oleh bulu halus putih.

BACA JUGA: Jangan Langsung Buang Ampas Kopi, Ini 4 Manfaatnya sebagai Pupuk Tanaman

BACA JUGA: Ahli Tidak Sarankan Beli 6 Jenis Tanaman Hias Ini, Begini Alasannya

Ukurannya hanya mencapai sekitar sepersepuluh inci dan menyembunyikan telurnya bulu putih mereka.

Telur kemudian menetas dalam waktu sekitar 10 hari dan menghasilkan nimfa yang pindah ke bagian baru tanaman untuk berkembang menjadi dewasa.

Mereka menyebabkan kerusakan dengan meminum getah inang mereka, mengubah daun menjadi kuning dan seiring waktu menyebabkan daun rontok.

Basmi Hama Kutu Putih yang Menempel pada Tanaman Hias | SHUTTERSTOCK/VIKTORIALVANETS via Kompas.com

Lantas, bagaimana mengetahui jika tanaman terkena kutu putih? Kutu putih menghisap getah sambil meninggalkan residu lengket yang dapat menyebabkan perkembangan jamur jelaga.

Mereka terlihat seperti kutu kayu dan banyak dari mereka bisa menyerupai bola kapas, yang sebenarnya adalah lilin lembut yang mereka gunakan untuk melindungi diri mereka sendiri.

Kaktus, anggrek, dan violet Afrika adalah tanaman yang sering terkena serangan kutu putih ini. Kutu putih melemahkan tanaman setelah menghisap getah dan pada akhirnya dapat membunuh tanaman.

Halaman
1234

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :