TribunJualBeli.com

Ada Diskon Pajak, Pilih Beli Mobil Baru atau Bekas?

zoom-in Ada Diskon Pajak, Pilih Beli Mobil Baru atau Bekas? Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen yang berlaku selama tiga bulan mulai Maret 2021.

TRIBUNJUALBELI.COM - Pemerintah tengah mendorong penjualan mobil baru yang terdampak pandemi, dengan meluncurkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen yang berlaku selama tiga bulan mulai Maret 2021.

Konsumen yang saat ini memiliki dana untuk melakukan pembelian mobil pun dihadapkan dengan dua pilihan.

Lebih baik membeli mobil baru yang saat ini sedang murah karena mendapat diskon pajak, atau membeli mobil bekas usia muda yang secara harga lebih terjangkau.

Karena dengan diskon pajak, harga mobil baru bisa ditekan lebih murah dari belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Budi Raharjo, Direktur dan Senior Partner OneShildt Financial Planning, mengatakan, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan apabila kita membeli mobil baru pada saat ini.

BACA JUGA : Lengkap, Daftar Harga Mobil yang Dapat Insentif PPnBM Mulai Maret 2021

BACA JUGA : Harga Sudah Murah, Mobil LCGC Tak Dapat Keringanan PPnBM 0 persen

“Kendaraan baru dari sisi maintenance relatif lebih murah. Kenapa? Karena mobil baru dapat garansi, jadi dalam beberapa tahun ke depan konsumen dapat kenyamanan dan ketenangan dalam memilikinya,” ujar Budi, kepada Kompas.com (1/3/2021).

“Tapi mobil baru punya pajak yang relatif lebih tinggi daripada mobil bekas, depresiasi penurunan harga mobil baru pun lebih cepat ketimbang mobil bekas,” katanya.

Sementara konsumen yang beli mobil bekas bisa dapat pilihan yang beragam tergantung dana yang disiapkan.

Dari sisi pajak, biaya tahunan yang harus dikeluarkan untuk mobil bekas umumnya lebih murah.

Kemudian, depresiasi harga juga sudah lebih lambat daripada mobil baru.

Halaman
12

Editor: Andra Kusuma
Sumber: KOMPAS.COM




Artikel Terkait :