TribunJualBeli.com

Selain Ban Rusak Karena Lubang, Mobil yang Jadi Korban Banjir di Tol Bisa Menuntut Ganti Rugi

zoom-in Selain Ban Rusak Karena Lubang, Mobil yang Jadi Korban Banjir di Tol Bisa Menuntut Ganti Rugi Mobil yang Jadi Korban Banjir di TOL Bisa Menuntut Ganti Rugi

TRIBUNJUALBELI.COM - Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabodetabek tidak hanya merendam pemukiman warga saja.

Tetapi, ruas jalan raya hingga jalan bebas hambatan juga tidak luput dari genangan air yang cukup tinggi sehingga menyulitkan pengendara untuk melintas.

Pengendara yang seharusnya bisa melaju dengan nyaman di jalan tol pun merasakan hal yang sama dengan pengendara lain karena ketinggian air.

Bisakah pengendara yang merasa dirugikan atas kejadian ini menuntut pengelola?

Menurut David Tobing selaku Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) seharusnya di jalan tol tidak terjadi banjir jika pemeliharaan dilakukan dengan baik.

BACA JUGA : Teknik Mengemudi 3 Detik di Jalan Tol Bisa Jadi Penyelamat Hidup, Begini Caranya

BACA JUGA : Untuk Mencegah Kecelakaan Saat Mengemudi di Jalan Tol, Per 3 Jam Pengemudi Wajib Menghela Nafas di Rest Area

Beberapa ruas tol yang tidak luput dari antara lain Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, Tol JORR, Tol Jagorawi hingga Tol Jakarta-Tangerang.

Paling parah terjadi di ruas Tol JORR TB Simatupang.

Pengelola jalan tol dalam melakukan perencanaan pembangunan jalan tol seharusnya sudah memikirkan drainase dan pompa penyedot genangan.

Mobil terendam banjir di jalan tol
Mobil terendam banjir di jalan tol

Apalagi beberapa ruas jalan tol langganan banjir seharusnya sudah dievaluasi dan diperbaiki.

“Pengendara yang merasa dirugikan akibat banjir di ruas jalan tol dapat menuntut ganti rugi. hal ini sudah diatur dalam pasal 87 Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol,” kata David kepada Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Halaman
123

Editor: Andra Kusuma
Sumber: KOMPAS.COM




Artikel Terkait :