TribunJualBeli.com

Jangan-jangan Kamu Alami Kelelahan Mental, Perhatikan 9 Tanda Ini

zoom-in Jangan-jangan Kamu Alami Kelelahan Mental, Perhatikan 9 Tanda Ini 9 Tanda Jika Ternyata Kamu Alami Kelelahan Mental | thickstock via Kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Menurut Psikiater Margaret Seide, MD menjelaskan otak juga bisa mencapai titik kelelahan ketika diliputi emosi negatif.

Emosi negatif dapat membuat seseorang mudah merasa kesal, lelah, dan bahkan mati rasa. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan otak yang terkadang tak disadari.

Menjaga kesehatan mental bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang yang memicu stres, khawatir, cemas, dan emosi negatif lainnya.

Ketika seseorang yang mengalami kelelahan secara mental berusaha untuk terus bekerja, ada banyak masalah yang bisa ditemui.

BACA JUGA: Wanita Wajib Tahu, Ini 4 Gangguan Kesehatan saat Memakai Bra Enggak Sesuai dengan Tubuh

BACA JUGA: 4 Kelompok Masyarakat yang Tidak Boleh Mendapatkan Vaksin Covid-19

Misalnya sulit tidur, suasana hati yang sangat terganggu, kurang sabar, dan meningkatnya konsumsi makanan cepat saji karena ingin mencari kenyamanan.

Bila dibiarkan, stres berkepanjangan dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan. Namun sayangnya, tidak semua orang menyadari tanda-tanda kelelahan mental.

Berikut 9 tanda kelelahan mental yang harus diperhatikan.

1. Kurang sabar

Saat mental sedang lelah, hal-hal kecil menjadi tidak dapat ditoleransi. Sebabnya, cadangan emosi semakin sedikit

Apabila mendapati diri kehilangan kesabaran pada hal-hal yang sebelumnya tidak menjadi masalah, bisa jadi itu tanda kelelahan mental.

Halaman
1234

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :