TribunJualBeli.com

Viral Bunga Edelweis Dipetik Pendaki, Ini 8 Faktanya yang Jarang Orang Tahu

zoom-in Viral Bunga Edelweis Dipetik Pendaki, Ini 8 Faktanya yang Jarang Orang Tahu 8 Fakta Bunga Edelweis yang Dilarang Dipetik | Kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Dilansir dari TribunJogja.com, seorang pendaki wanita yang naik ke Gunung Lawu tengah viral karena memetik bunga Edelweis.

Pendaki yang belum diketahui identitasnya tersebut ramai dibicarakan warganet setelah videonya diunggah di media sosial.

Bunga Edelweis atau bernama latin Anaphalis javanica merupakan satu tumbuhan yang kerap ditemukan di daerah pegunungan.

Para pendaki bisa melihat keberadaan bunga yang kerap dijuluki bunga abadi ini di beberapa gunung Indonesia, seperto Lawu, Semeru, Sindoro, Papandayan, Gede Pangrango, dan Merbabu.

8 Fakta Bunga Edelweis yang Dilarang Dipetik | Kompas.com

Pesona dan keindahan bunga Edelweis memang memikat para pendaki untuk berhenti sejenak dan berfoto di sampingnya.

BACA JUGA: Viral Pendaki Gunung Lawu Memetik Edelweis, Inilah Alasan Mengapa "Bunga Abadi" Tidak Boleh Dipetik

BACA JUGA: Begini Tips Bikin Kamar Tidur Tetap Dingin di Cuaca yang Panas Saat Ini

Namun, bunga ini dilarang untuk dipetik. Para pendaki bisa dikenakan sanksi berat apabila memetik bunga yang biasanya mekar antara April hingga Agustus ini.

Hingga kini, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya masih mengatur larangan memetik Edelweis.

Aturan itu ada bukan tanpa alasan, melainkan untuk menjaga ekosistem lingkungan pergunungan yang masuk dalam kawasan konservasi.

Halaman
12345

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :