TribunJualBeli.com

Banyak yang Tidak Tahu Fakta Jika Sering Nyalakan AC Mobil saat Kondisi Mesin Mati

zoom-in Banyak yang Tidak Tahu Fakta Jika Sering Nyalakan AC Mobil saat Kondisi Mesin Mati Fakta AC Mobil Jika Dinyalakan saat Kondisi Mesin Mati | Kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Komponen AC mobil menjadi salah satu yang paling penting bagi pengendara dalam melakukanh perjalanan.

Perangkat pendingin udara atau air conditioner (AC) pada mobil bisa menjaga suasana apalagi saat perjalanan siang hari.

Tak hanya berfungsi untuk menghilangkan gerah saat mengemudi di siang hari, AC juga berfungsi mengusir embun di dalam kabin ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Komponen ini biasanya dinyalakan saat kondisi mesin mobil juga hidup, karena saat AC menyala membutuhkan tenaga yang besar.

Tetapi tidak sedikit pemilik mobil membiarkan posisi AC dalam kondisi on, ketika kondisi mobil mati atau sedang berada di tempat parkir.

Kompas.com
Ilustrasi AC Mobil | Kompas.com

BACA JUGA:

Tidak Banyak yang Tahu, Sembarangan Isi Freon AC Mobil, Ini yang Akan Terjadi

AC Mobil Panas? 5 Tips Keren Ini Bikin Cepat Dingin dan Irit Bensin

Kondisi ini tentunya akan berpengaruh terhadap komponen lainnya.

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro, menjelaskan, menyalakan AC dalam kondisi mesin mati tidak akan berpengaruh terhadap kompresor.

Hanya saja, jika hal itu dilakukan akan berdampak pada komponen lainnya seperti pada sumber arus listrik, yaitu aki dan juga alternator.

“Ketika mobil mau dinyalakan butuh tenaga yang cukup tinggi. Jika AC dalam posisi menyala maka daya ke magnet kompresor menjadi lebih besar,” ujar Kelvin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Terpisah, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, menyalakan AC dalam kondisi mesin mobil hidup tidak menjadi masalah.

Halaman
1234

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :