TribunJualBeli.com

Besok Lebaran, Polisi Putar Balikkan 25.691 Kendaraan yang Akan Mudik Tinggalkan Jabodetabek

zoom-in Besok Lebaran, Polisi Putar Balikkan 25.691 Kendaraan yang Akan Mudik Tinggalkan Jabodetabek Besok Lebaran, Polisi Putar Balikkan 25.691 Kendaraan yang Akan Mudik Tinggalkan Jabodetabek

TRIBUNJUALBELI.COM - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat telah memutarbalikkan 25.691 unit kendaraan yang berupaya melakukan kegiatan mudik selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2020.

Pelaksanaan kegiatan kemanusiaan yang sesuai dengan imbauan pemerintah untuk menekan potensi virus corona alias Covid-19 ini dilaksanakan sejak 24 April 2020.

"Hingga kemarin, (21/5/2020), melalui 18 penyekatan yang ada di wilayah hukum Polda Metro, sedikitnya ada 25.691 unit kendaraan yang diputarbalikkan. Pos penyekatan itu 2 di tol dan 16 di arteri dan luar tol," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020).

Rinciannya, sebanyak 10.715 kendaraan di Tol Cikarang Barat, 4.904 kendaraan di Tol Cikupa, dan 10.072 kendaraan di jalan arteri.

Adapun jenis kendaraan yang mendominasi ialah mobil pribadi.

Selain itu, Sambodo juga menyatakan bahwa pada kesempatan sama pihaknya sudah mengamankan 94 travel gelap yang terdiri dari dua unit bus, 17 unit minibus jenis elf, dan 75 unit mobil pribadi.

"Pemudik yang berhasil dicegah sebanyak 546 orang," ucapnya.

Terhadap para pengemudi travel gelap itu, dikenakan sanksi tilang sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Jalan dan Lalu Lintas.

Sementara untuk para penumpang atau pemudik, lanjut Sambodo, diminta untuk kembali ke Jakarta dan tidak boleh melakukan mudik.

Kemudian, petugas juga sudah mengeluarkan sekitar 70.000 blanko teguran pelanggaran kepada pelanggara yang tak memenuhi aturan berkendara selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), seperti tak mengenakan masker, tak menerapkan physical distancing, dan sebagainya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "H-2 Lebaran, Polisi Putar Balikkan 25.691 Kendaraan yang Ingin Mudik",
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Agung Kurniawan

Editor: Andra Kusuma
Sumber: KOMPAS.com




Artikel Terkait :

Berikut daftar smartphone dengan tiga kapasitas RAM yang disebutkan di atas dan telah resmi dijual Tanah Air, lengkap dengan harga terbarunya.

Achadiyah Nurul   11 jam lalu

Cek Simulasi Kredit Honda BR-V Prestige CVT, Cicilannya Mulai Rp 5 Jutaan

dillamichiko   14 jam lalu

Waspadai, Ini Dampak Bahaya Bagi Kesehatan Makan Nasi Sisa Kemarin

dillamichiko   19 jam lalu

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Perasan Lemon untuk Kesehatan Tubuh

dillamichiko   19 jam lalu