TribunJualBeli.com

Mudik Lokal dan Keluar Jabodetabek Dilarang, Ini Sanksi Bagi yang Melanggar

zoom-in Mudik Lokal dan Keluar Jabodetabek Dilarang, Ini Sanksi Bagi yang Melanggar Mudik Lokal dan Keluar Jabodetabek Dilarang, Ini Sanksi Bagi yang Melanggar | Motorplus

TRIBUNJUALBELI.COM - Selain adanya larangan mudik ke kampung halaman, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan mencegah warga untuk melakukan perjalanan silaturahmi atau mudik lokal walau masih di kawasan aglomerasi Jabodetebak.

Alasannya karena untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) serta masih berlakunya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 4 Juni 2020 mendatang.

Untuk itu, selain akan melakukan pengetatan serta pengawasan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga sudah menyiapkan sanksi serta denda bagi masyarakat masih nekat melakukan mudik lokal.

"Dari kami soal sanksi dan denda itu sudah jelas mengikuti Pergub 41 Tahun 2020 tentang Sanksi bagi pelanggar PSBB."

Mudik Lokal dan Keluar Jabodetabek Dilarang, Ini Sanksi Bagi yang Melanggar | Kompas.com
Mudik Lokal dan Keluar Jabodetabek Dilarang, Ini Sanksi Bagi yang Melanggar | Kompas.com

"Tertera ada tiga sanksinya, dari denda administrasi, membersihkan fasilitas umum, serta penderekan kendaraan, tinggal mengikuti saja," ucap Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

"Kemarin sudah sempat dijelaskan juga, jadi perjalan di Jabodetabek memang masih diperbolehkan, tapi untuk keperluan mendesak serta 11 sektor yang telah dikecualikan dalam PSBB, otomatis kegiatan mudik lokal ini kan tidak termasuk yang dikecualikan," kata dia.

Sementara itu, bagi masarakat yang menggunakan mobil atau motor yang ketahuan akan melakukan perjalanan ke luar Jabodetabek tanpa memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), sanksinya hanya akan diputar balikan.

Namun sanksi lebih berat akan diberikan bagi penyelenggaran transportasi darat antar provinsi bila mana ketahuan mengangkut atau menyewakan kendaraannya kepada penumpang yang ingin ke luar atau masuk Jakarta.

Menurut Syafrin, hukumannya akan mengukuti Pergub 47 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan atau Masuk Provinsi DKI Jakarta dalam Upaya Pecegahan Covid-19.

Halaman
12

Editor: Achadiyah Nurul
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :

Berikut daftar smartphone dengan tiga kapasitas RAM yang disebutkan di atas dan telah resmi dijual Tanah Air, lengkap dengan harga terbarunya.

Achadiyah Nurul   11 jam lalu

Cek Simulasi Kredit Honda BR-V Prestige CVT, Cicilannya Mulai Rp 5 Jutaan

dillamichiko   14 jam lalu

Waspadai, Ini Dampak Bahaya Bagi Kesehatan Makan Nasi Sisa Kemarin

dillamichiko   19 jam lalu

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Perasan Lemon untuk Kesehatan Tubuh

dillamichiko   20 jam lalu