TribunJualBeli.com

Benarkah Gunakan Tisu Basah Efektif Cegah Virus Corona? Ahli Beri Penjelasannya

zoom-in Benarkah Gunakan Tisu Basah Efektif Cegah Virus Corona? Ahli Beri Penjelasannya Benarkah Gunakan Tisu Basah Efektif Cegah Virus Corona? Ahli Beri Penjelasannya | Sky News

TRIBUNJUALBELI.COM - Belum lama ini, di Indonesia sempat terjadi panic buying sehingga menyebabkan kelangkaan masker dan hand sanitizer demi mencegah diri agar tidak terinfeksi virus corona.

Melihat kondisi yang demikian, mungkin tak sedikit di antara kita yang berpikiran untuk menggunakan tisu basah bayi untuk mensterilkan tangan.

Dengan klaimnya yang dapat membersihkan tangan, terkadang kita jadi tergiur untuk menggunakannya sebagai alternatif pengganti cuci tangan.

Padahal kandungan alkohol di dalam tisu basah bayi belum dipastikan bisa membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, tisu basah bayi mungkin membuat tangan terlihat bersih, tetapi tidak dirancang untuk menghilangkan kuman dari tangan.

Benarkah Gunakan Tisu Basah Efektif Cegah Virus Corona? Ahli Beri Penjelasannya | Health Beauty Care
Benarkah Gunakan Tisu Basah Efektif Cegah Virus Corona? Ahli Beri Penjelasannya | Health Beauty Care

Melansir thesun.co.uk, Dr Sarah Jarvis, GP, seorang dokter umum di London, Inggris, juga menekankan bahwa tisu bayi tidak mengandung alkohol seperti halnya hand sanitizer yang efektif membunuh virus.

"Membersihkan tisu dapat menghilangkan kotoran, tetapi mereka tidak akan membunuh kuman, termasuk coronavirus.” kata Dr. Jarvis.

"Tisu bayi dirancang agar sangat lembut untuk kulit bayi yang lembut.” katanya.

"Itu berarti mereka tidak akan mengandung pemutih, yang kita tahu dapat membantu dalam membunuh virus; dan mereka tidak akan mengandung alkohol, yang juga efektif." tambahnya.

Oleh karenanya, Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir jika memungkinkan.

Halaman
12

Editor: Achadiyah Nurul
Sumber: Grid Health




Artikel Terkait :