TribunJualBeli.com

7 Model Pelat Nomor Paling Diincar Polisi, Menyalahi Aturan Denda Rp 500 Ribu

zoom-in 7 Model Pelat Nomor Paling Diincar Polisi, Menyalahi Aturan Denda Rp 500 Ribu 7 Model Pelat Nomor Paling Diincar Polisi, Menyalahi Aturan Denda Rp 500 Ribu | Tribunjogja

TRIBUNJUALBELI.COM - Kendaraan bermotor yang hendar melintas jalanraya wajib terpasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor.

Kewajiban penggunaan perlengkapan ini tercantum dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tepatnya pasal 68.

Pemilik atau pengemudi kendaraan yang melanggar, akan didenda paling banyak Rp 500.000 atau pidana kurungan maksimal dua bulan.

7 Model Pelat Nomor Paling Diincar Polisi, Menyalahi Aturan Denda Rp 500 Ribu | kompas
7 Model Pelat Nomor Paling Diincar Polisi, Menyalahi Aturan Denda Rp 500 Ribu | kompas

Menariknya, pada salah satu beleid tersebut dinyatakan bahwa pelat nomor tidak boleh dimodifikasi atau mengubah bentuk, warna, tulisan, maupun ditempeli stiker atau logo yang tidak resmi.

"Setiap pelat nomor yang digunakan harus sesuai ketentuan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh Polri. Apabila dimodifikasi atau tidak sesuai, itu termasuk pelanggaran lalu lintas," ucap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

BACA JUGA:

Wacana DPR: Motor Bermesin di Bawah 250cc Dilarang Melintas Jalan Raya, Tipe Ini Bakal Laku Keras

Supaya lebih jelas, berikut 7 model pelat nomor kendaraan yang menyalahi aturan dan dipastikan menjadi incaran polisi:

1. Angka TNKB yang hurufnya diatur/angka diarahkan ke belakang sehingga terbaca nama.

2. TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital.

3. TNKB yang ditempel stiker/logo/lambang kesatuan/instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan seolah-olah pejabat (tidak resmi).

Halaman
123

Editor: Lilyana Siradj
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :