TribunJualBeli.com

Dari Depan Tampak Biasa Saja, Siapa Sangka Rumah di Jakarta Ini Pernah Raih Penghargaan Internasional

zoom-in Dari Depan Tampak Biasa Saja, Siapa Sangka Rumah di Jakarta Ini Pernah Raih Penghargaan Internasional Splow House Tebet (architizer)

TRIBUNJUALBELI.COM - Sebuah rumah yang berada di bilangan Tebet, Jakarta Selatan pernah meraih penghargaan International Architizer A+ Award pada 2017 lewat karyanya yaitu Splow House.

Splow House yang merupakan singkatan dari Split-Grow House ini merupakan rumah yang disesuaikan dengan kondisi Jakarta, khususnya daerah Tebet yang memiliki lahan sangat terbatas.

Rumah ini merupakan karya dari Delution Arsitek dan menjadi tantangan tersendiri bagi para arsiteknya untuk membangun dan mendesain rumahyang nyaman dihuni dengan luas 120 meter dan dana yang terbatas.

Splow House Tebet (architizer)
Splow House Tebet (architizer)

Berdiri di atas lahan dengan ukuran 6 meter x 15 meter, mereka juga menantang diri untuk membuat rumah dengan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik, namun tetap dengan biaya yang rendah.

Jika dilihat dari luar, rumah ini memang terlihat sempit.

Namun luas pada bagian dalamnya.

Konsep split digunakan pada rumah ini.

Split merupakan konsep pembagian lantai yang tiap lantainya dihitung sebagai setengah lantai atau mezanin.

Jadi rumah ini memang memiliki dua lantai tetapi sebenarnya tiga tingkat di dalamnya.

Splow House Tebet (FernandoGomulya)
Splow House Tebet (FernandoGomulya)

Konsep mezanin pada rumah ini menjadikan rumah yang sebenarnya memiliki tiga tingkat ini menjadi praktis memiliki lima lantai.

Halaman
12

Editor: Hanggara Hendrayana
Sumber: iDEA.grid.id




Artikel Terkait :