TribunJualBeli.com

Sering Disebut & Ketenarannya Sudah Mendunia, Sayang Tak Banyak yang Tahu Arti Raja Ampat. Begini Asal Usulnya

zoom-in Sering Disebut & Ketenarannya Sudah Mendunia, Sayang Tak Banyak yang Tahu Arti Raja Ampat. Begini Asal Usulnya Ilustrasi (BE BORNEO TOUR)

TRIBUNJUALBELI.COM - Raja Ampat merupakan salah satu wilayah kepulauan di Provinsi Papua Barat yang kaya akan wisata bahari.

Selain keindahan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga menarik untuk ditelisik dari sisi sejarah. Salah satunya, soal asal-usul nama Raja Ampat.

Penawaran: Open trip Raja Ampat harga murah full fasilitas.

Tak ada catatan sejarah baku soal asal-usul terbentuknya nama Raja Ampat. Sebab, ada sejumlah versi yang hingga kini belum diketahui kebenarannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo membenarkan jika banyak versi mengenai sejarah nama Raja Ampat.

"Tiap daerah punya versi sendiri. Kalau ditanya mana yang paling benar? Ya kita enggak tahu mana yang paling benar.

Itu terus berkembang," kata Yusdi saat ditemui di Waisai, Kabupaten Raja Ampat, beberapa waktu lalu.

Salah satu versi yang paling banyak diketahui masyarakat, nama Raja Ampat tak lepas dari kisah para raja dari 4 pulau terbesar yakni Waigeo, Salawati, Misool, dan Batanta.

Pimpinan di tiap gugusan pulau itulah yang menjadi awal penamaan Raja Ampat.

"Ada versi, secara pemerintahan dulu di sini wilayah (Kesultanan) Tidore, jadi di sini dibentuk empat pimpinan pulau besar. Waigeo, Salawati, Batanta, Misool, masing-masing punya pimpinan," ujarnya.

Halaman
12

Editor: Kurniantohanif
Sumber: idea.grid.id




Artikel Terkait :