TribunJualBeli.com

Ini Fungsi Segitiga di Dinding Ban Mobil yang Jarang Diketahui

Ini Fungsi Segitiga di Dinding Ban Mobil yang Jarang Diketahui Ini Fungsi Segitiga di Dinding Ban Mobil yang Jarang Diketahui | kompas

TRIBUNJUALBELI.COM - Pada bagian dinding ban mobil terdapat beragam kode serta logo sebagai indikator petunjuk penggunaan.

Salah satunya keberadaan logo berbentuk segitiga di dinding ban mobil sebagai petunjuk keausan alur tapak ban.

Jarang yang tahu, ternyata logo segitiga di dinding ban mobil ini punya dua fungsi sekaligus.

"Tanda segitiga itu kan untuk memudahkan melihat batas minmal ketebalan alur ban dari luar," buka Dhaniar, Technical Leader Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Selatan kepada GridOto.com.

BACA JUGA : Taukah Kamu, Batu Kecil yang Menempel pada Alur Ban Ternyata Pengaruhi Umur Ban

Bila diperhatikan, posisi segitiga tidak berada tepat lurus dengan garis alur ban serta ujung segitiga menunjuk pada suatu bagian lekukan sisi terluar alur ban.

Jika lekukan garis alur sudah segaris atau bagian dasar tapak ban rata dengan ujung segitiga, itu menjadi tanda ketebalan kembangan tapak ban menipis dan harus segera ganti ban.

Logo segitiga ini juga memiliki fungsi lain sebagai petunjuk lokasi Tread Wear Indicator (TWI) berada, sekitar dalam satu garis lurus dengan ujung segitiga.

"TWI itu ada di celah alur tapak ban bagian tengah yang sedikit menonjol, sebagai tanda batas maksimal ketipisan kembangan ban sebelum diganti," terang Dhaniar.

Dengan adanya tanda segitiga ini, Anda bisa langsung tahu TWI ban berada di mana, tidak perlu 'ngolong' atau mencari perlahan.

Dhaniar merekomendasikan, bila lekukan alur tapak ban sisi luar dengan ketinggian kembangan sekitar 1 mm dari TWI, ban harus diganti untuk menjaga keamanan di jalan.

Artikel ini telah tayang di laman Gridoto dengan judul Jarang yang Tahu, Segitiga di Dinding Ban Mobil Ini Punya Dua Fungsi

Editor: Zahrina Oktaviana
Sumber: Gridoto.Grid.id




Artikel Terkait :

Australia Temukan Obat Covid-19, Ivermectin Diklaim Dapat Bunuh Virus Corona Dalam Waktu 48 Jam, Simak Detailnya

Lilyana Siradj   8 jam lalu

2 Skema Keringanan Bayar Cicilan Bagi Mitra Grab Akibat Wabah Virus Corona

Lilyana Siradj   9 jam lalu

Ketahui Moms, Ini 5 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

dillamichiko   9 jam lalu

Suzuki Siap Luncurkan Mobil Baru Ignis Facelift Pekan Ini Secara Virtual

dillamichiko   9 jam lalu