TribunJualBeli.com

Kenali Gangguan Psikosomatik yang Serang Banyak Orang di Tengah Mewabahnya COVID-19

Kenali Gangguan Psikosomatik yang Serang Banyak Orang di Tengah Mewabahnya COVID-19 Kenali Gangguan Psikosomatik yang Serang Banyak Orang di Tengah Mewabahnya COVID-19 | Tribunnews.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Ditengah mewabahnya Virus Corona yang sudah masuk Indonesia, akhirnya banyak orang yang jadi takut dan panik.

Bahkan, ada yang tiba-tiba merasa batuk, pilek, dan sesak napas, lalu segera cek ke dokter karena takut kena virus Corona.

Namun tahukah kamu, bisa jadi batuk, pilek, dan sesak napas yang kita rasakan ternyata bisa jadi karena kita kena gangguan mental psikomatik?

Apa itu gangguan psikomatik?

Berdasarkan yang dikutip dari Very Well Mind, gangguan psikomatik sendiri adalah gangguan kesehatan fisik yang muncul karena pikiran dan emosi, bukan berasal dari infeksi atau luka apapun.

Gangguan psikomatik sendiri bisa terjadi karena stres berat, yang akhirnya membuat sistem imun jadi melemah dan membuat kita jadi sakit.

Dengan kata lain, ketika kita memikirkan virus Corona secara berlebihan dan takut berlebih terinfeksi, bisa jadi kita kena gangguan psikomatik ketika merasa gejala virus Corona.

BACA JUGA: Ketahui, Ini Fungsi dan Efek Samping Pemakaian Cairan Disinfektan Untuk Cegah Virus Corona

Kenapa gangguan psikomatik berbahaya?

Ketika kita terkena gangguan psikomatik yang membuat kita terkena gejala virus Corona, kita pasti bakalan merasa panik dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Masalahnya, situasi terkini di rumah sakit sudah sangat penuh dengan banyaknya orang yang positif Corona, dalam pengawasan, dan orang-orang dengan gangguan psikomatik lainnya.

Selain kita bikin pihak rumah sakit makin sibuk, kita juga bisa makin berpeluang terkena virus Corona, lho!

Halaman
12

Editor: dillamichiko
Sumber: Cewekbanget.grid.id




Artikel Terkait :

Australia Temukan Obat Covid-19, Ivermectin Diklaim Dapat Bunuh Virus Corona Dalam Waktu 48 Jam, Simak Detailnya

Lilyana Siradj   8 jam lalu

2 Skema Keringanan Bayar Cicilan Bagi Mitra Grab Akibat Wabah Virus Corona

Lilyana Siradj   9 jam lalu

Ketahui Moms, Ini 5 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

dillamichiko   9 jam lalu

Suzuki Siap Luncurkan Mobil Baru Ignis Facelift Pekan Ini Secara Virtual

dillamichiko   9 jam lalu