TribunJualBeli.com

Selain Ciri Fisik yang Mirip, Tak Disangka 4 Hal Inilah yang Diwariskan Orangtua ke Anaknya

Selain Ciri Fisik yang Mirip, Tak Disangka 4 Hal Inilah yang Diwariskan Orangtua ke Anaknya Ilustrasi anak terlihat mirip dengan orang tua | Live Science

TRIBUNJUALBELI.COM - Sudah menjadi hal biasa bila Anda melihat seorang anak yang mirip ayahnya, ibunya, atau gabungan keduanya.

Faktor genetika disebut-sebut sebagai pelaku utama yang membuat seorang anak biasanya mirip atau bahkan serupa sekali dengan orangtuanya.

Tapi tahukah Anda, ternyata kemiripan wajah dan postur bukan satu-satunya “warisan” yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak.

Ada juga hal-hal lainnya, dan beberapa di antaranya adalah:

1. Risiko penyakit

Tubuh manusia itu unik karena terdiri atas triliunan sel penyusun. Dalam setiap sel tersebut, terdapat struktur inti atau nukleus yang di dalamnya berisi kromosom.

Masing-masing kromosom dilengkapi dengan untaian asam deoksiribonukleat atau DNA. Nah, gen adalah bagian dari DNA yang nantinya diturunkan dari orangtua ke anak.

Setiap anak normalnya memiliki dua salinan gen dari kedua orangtua. Ketika nantinya DNA yang telah diturunkan ini mengalami kerusakan, maka strukturnya akan berubah.

Kerusakan pada struktur DNA ini bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya paparan bahan kimia.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya penyakit pada tubuh. Nah, struktur DNA yang rusak tersebut bisa menurun pada anak.

Terlebih jika gen tersebut cukup kuat, sehingga akan mengalahkan gen lainnya yang tidak membawa penyakit.

Otomatis saat dilahirkan, kemungkinan besar anak sudah memiliki risiko penyakit keturunan yang dialami oleh orangtuanya.

Halaman
1234

Editor: Achadiyah Nurul
Sumber: Kompas.com




Artikel Terkait :

Kita bisa nyobain 5 minuman ini yang enggak kalah hebat menghidrasi tubuh kita seperti air putih mineral biasa, lho!

Achadiyah Nurul   9 jam lalu

6 kebiasaan pagi hari ini justru membuat kita mudah terserang kanker. Bahkan nomor satu jadi yang paling sering dilakukan.

Achadiyah Nurul   10 jam lalu

KPBB mengeluarkan data, menunjukkan bahan bakar berkualitas rendah juga ikut menyumbang tingginya emisi gas buang.

Achadiyah Nurul   10 jam lalu

Kominfo ternyata telah memiliki draft regulasi untuk mekanisme pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) berbasis IMEI

Achadiyah Nurul   11 jam lalu

Close (X)