TribunJualBeli.com

Rawan 'Kebobolan', Google Akan Hadirkan Keamanan Enkripsi Untuk Android Kelas Menengah Ke Bawah

Rawan 'Kebobolan', Google Akan Hadirkan Keamanan Enkripsi Untuk Android Kelas Menengah Ke Bawah Ilustrasi (BBC)

TRIBUNJUALBELI.COM - Keamanan data merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan digital masa kini, dan kemampuan enkripsi sebuah perangkat menjadi jantungnya.

Namun saat ini hanya perangkat mobile Android kelas atas saja yang mampu melengkapi dirinya dengan sistem enkripsidata, dan kelas menengah ke bawah tidak mendapatkan perlindungan tersebut.

Google berencana mengubahnya dengan menyiapkan Adiantum, sistem enkripsi data yang mampu dijalankan di perangkat dengan kemampuan rendah.

Saat ini, perangkat Android kelas menengah ke bawah tidak bisa menggunakan enkripsi karena akan membuat perangkatnya berjalan dengan lambat.

Sistem enkripsi standar AES yang digunakan saat ini tidak didukung secara hardware oleh prosesor ARM Cortex-A7, dan prosesor itulah yang ada di dalam smartphone berharga murah saat ini.

Bila digunakan di sana, kinerja perangkat tersebut akan sangat terpengaruh, dan bisa membuat semua fungsi Android menjadi lambat.

Menurut Google, Adiantum memiliki kemampuan yang lebih besar, yaitu lima kali lebih cepat bila dibandingkan dengan enkripsi AES.

Karena kemampuannya tersebut, maka perangkat dengan kekuatan rendah bisa menggunakannya dan semua data di smartphone bisa terlindungi dari tangan pihak ketiga.

Director of Mobile Security Strategy di Google, Eugene Liderman, mengatakan Adiantum diharapkan bisa menyetarakan enkripsi untuk semua kalangan pengguna perangkat.

Dia juga mengatakan semua orang harus bisa mendapatkan privasi dan keamanan, tanpa harus membayar lebih banyak.

Halaman
12

Editor: Hanggara Hendrayana
Sumber: Nextren.grid.id




Artikel Terkait :

Pembersihan bagian dalam helm dilakukan agar kita tetap nyaman memakainya. Tapi banyak pengguna yang luput membersihkan bagian dalam helm.

Achadiyah Nurul   8 menit lalu

Lalu bagaimana kabar produksi mobil Esemka yang ada di Jawa Tengah sekarang? Sering banyak orang mempertanyakan keberadaan produksi mobil Esemka.

Achadiyah Nurul   19 menit lalu

Sudah sejak 2 bulan Ani Yudhoyono divonis penyakit kanker darah, makanan enak ini tak bisa lagi dikonsumsinya.

Achadiyah Nurul   45 menit lalu

Pada hari Rabu, 17 April 2019, pemilihan umum Indonesia diselenggarakan.

dillamichiko   1 jam lalu

Close (X)