TribunJualBeli.com

Jarang Disadari, Ini Bahaya Tersembunyi Kantung Teh Celup bagi Kesehatan Anda

Jarang Disadari, Ini Bahaya Tersembunyi Kantung Teh Celup bagi Kesehatan Anda Bahaya kantung teh celup | kompas.com

TRIBUNJUALBELI.COM - Memang, untuk menyeduh daun teh butuh waktu lebih lama. Itulah yang menjadi alasan orang memilih teh celup.

Namun, pernahkah kita memperhatikan buih yang terbentuk saat membuat teh menggunakan teh celup?

Kantong teh celup dari kertas menimbulkan ancaman yang sama sekali berbeda.

Banyak kantong kertas diperlakukan dengan senyawa yang disebut epichlorohydrin, yang digunakan untuk memproduksi resin epoxy, dan bertindak sebagai pestisida.

Lembaga Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan (NIOSH) menjelaskan label karsinogen potensial sudah terbukti menyebabkan kanker pada hewan, mengganggu kesuburan, dan melemahkan fungsi kekebalan tubuh.

Dan kantong teh bukan satu-satunya pelaku, tapi juga ada filter kopi, pembungkus sosis, dan filter air yang diolesi dengan epiklorohidrin.

Dikabarkan Bottomlineinc, PET, asam polylactic (PLA) dan nilon yang digunakan sebagai kemasan makanan, keamanannya sebagai bahan telah diuji.

"Tapi ketika plastik dikenakan benda panas, molekul mulai pecah, dan mereka dapat meluluhkan isinya," terang Sonya Lunder, MPH, seorang analisis senior untuk sebuah penelitian yang dilancarkan oleh organisasi kesehatan dan advokasi.

Selain itu, banyak kantong teh termasuk yang high-end juga mengandung residu pestisida dan agen penyedap, kata ahli gizi Aditi Rampal.

Pilihan lain adalah menyeduh teh organik yang memiliki tingkat antioksidan lebih tinggi dan senyawa penguat kesehatan lainnya.

Halaman
12

Editor: Achadiyah Nurul
Sumber: Intisari Online




Artikel Terkait :

Pembersihan bagian dalam helm dilakukan agar kita tetap nyaman memakainya. Tapi banyak pengguna yang luput membersihkan bagian dalam helm.

Achadiyah Nurul   1 jam lalu

Lalu bagaimana kabar produksi mobil Esemka yang ada di Jawa Tengah sekarang? Sering banyak orang mempertanyakan keberadaan produksi mobil Esemka.

Achadiyah Nurul   1 jam lalu

Sudah sejak 2 bulan Ani Yudhoyono divonis penyakit kanker darah, makanan enak ini tak bisa lagi dikonsumsinya.

Achadiyah Nurul   1 jam lalu

Pada hari Rabu, 17 April 2019, pemilihan umum Indonesia diselenggarakan.

dillamichiko   2 jam lalu

Close (X)