TribunJualBeli.com

Banyak yang Mengabaikan, Ketahui Ciri-ciri Kanker Organ Intim yang Kerap Menjangkit Pria

Banyak yang Mengabaikan, Ketahui Ciri-ciri Kanker Organ Intim yang Kerap Menjangkit Pria Ciri-ciri kanker organ intim yang terjadi pada pria (ilustrasi fitnessformen)

TRIBUNJUALBELI.COM - Kalau pada wanita adanya potensi kanker serviks, priajuga berpotensi terserang kanker pada bagian kemaluannya yakni kankerprostat dan kanker penis.

Kanker yang dialami pada kemaluan pria ini memang tidak sepopuler kanker serviks pada wanita.

Bagaimana cara mengenali dua jenis kanker tersebut?

Dr. Richard Quek, Senior Consultant-Medical Onclogy dari Parkway Cancer Center (PCC), Singapura menjabarkan untuk kanker prostat yang merupakan tipe kanker yang berjalan lambat bisa muncul tanpa gejala atau tanpa terasa adanya benjolan.

Namun apabila tidak dilakukan pemeriksaan dini kanker prostat dapat ditandai dengan perubahan pola berkemih misalnya sering kencing saat malam hari, kemudian munculnya darah pada air seni dan nyeri tulang.

“Jika didiamkan semakin tua benjolan semakin bengkak maka dapat menghambat aliran seni, yang dapat menyebabkan infeksi lanjutan,” kata dokter Richard Quek saat ditemui di Sheraton Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Sementara itu untuk kanker penis, Ahli Urologi dari Parkway Hospitals, dr. Poh Beow Kiong menyebutkan gejala yang perlu diperhatikan adalah benjolan, ruam atau lecet yang tidak kunjung sembuh, serta pendarahan pada penis.

Kanker penis berkaitan dengan inveksi virus papiloma manusia (HPV) layaknya kanker serviks pada wanita.

Jumlah pengidap penyakit kanker prostat ini lebih sedikit dibandingkan dengan kanker prostat.

“Penis juga jadi bengkak, pengaruh dari infeksi dari kulit yang luka juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap atau penyakit kulit lainnya seperti eksim,” papar dr Poh.

Halaman
12

Editor: Kurniantohanif
Sumber: Intisari.grid.id




Artikel Terkait :

Pembersihan bagian dalam helm dilakukan agar kita tetap nyaman memakainya. Tapi banyak pengguna yang luput membersihkan bagian dalam helm.

Achadiyah Nurul   6 jam lalu

Lalu bagaimana kabar produksi mobil Esemka yang ada di Jawa Tengah sekarang? Sering banyak orang mempertanyakan keberadaan produksi mobil Esemka.

Achadiyah Nurul   7 jam lalu

Sudah sejak 2 bulan Ani Yudhoyono divonis penyakit kanker darah, makanan enak ini tak bisa lagi dikonsumsinya.

Achadiyah Nurul   7 jam lalu

Pada hari Rabu, 17 April 2019, pemilihan umum Indonesia diselenggarakan.

dillamichiko   7 jam lalu

Close (X)