TribunJualBeli.com

Pengemudi Wanita Wajib Tahu, Ini Beberapa Tips Atasi Mobil yang Overheat Tiba-tiba

Pengemudi Wanita Wajib Tahu, Ini Beberapa Tips Atasi Mobil yang Overheat Tiba-tiba Cara atasi mobil overheat (ilustrasi YourMechanic)

TRIBUNJUALBELI.COM - Para pengendara mobil mestinya tahu, bahwa mesin mobil memiliki batas ketahanan akan panas.

Nah, yang jadi masalah, belum semua pengemudi mobil tahu bagaimana cara mengatasi mesin mobil yang keburu overheat atau melewati ketahanan akan panas!

Begini, pada umumnya, pabrikan mobil akan melengkapi mobilnya dengan indikator temperatur pada bagian MID atau multi information display.

Indikator temperatur ini sejatinya akan menyala ketika suhu mesin mobil sudah terlalu panas dan mulai berisiko alami kerusakan.

Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai langkah pertolongan pertama saat mesin mobil alami overheat di jalan?

“Jika melihat indikator temperatur menyala ataupun jarum menunjukkan ke posisi high, segera mencari posisi aman untuk menepi dan menggunakan lampu hazard sebagai tanda,” ucap Didi Ahadi, Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM) sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Langkah selanjutnya, netralkan transmisi (posisikan di P untuk matik), baru kemudian matikan mesin dan buka kap mesin.

“Pertama cek reservoir air radiator dan jangan mencoba membuka tutup radiator. Periksa apakah ada kebocoran air radiator, atau kemungkinan kipas radiator khususnya mungkin tidak bekerja,” kata Didi.

“Jika air radiator kosong, coba dengan menggunakan lap untuk membuka tutup radiator setengah putaran sampai tekanan dan uapnya keluar. Apabila tekanan sudah habis, buka tutup dan coba isi radiator,” kata Didi.

Didi melanjutkan, setelah diisi penuh, kemudian tutup kembali, baru setelahnya coba nyalakan mesin, dan periksa apakah ada kebocoran, atau ada masalah dengan kipas radiatornya.

Halaman
12

Editor: Kurniantohanif
Sumber: Nova.grid.id




Artikel Terkait :

Begini cara yang lebih praktis dan terjangkau bersihkan daki di kulit

Achadiyah Nurul   6 jam lalu

Jika motor sobat sudah menemukan gejala-gejala demikian, lebih baik segera merapat ke bengkel untuk melakukan pengecekan dan penggantian.

Achadiyah Nurul   6 jam lalu

Suka Lipstik Matte? Simak 5 Pilihan Produk untuk Bibir Kering saat Puasa

Lilyana Siradj   7 jam lalu

Buah menyimpan banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

dillamichiko   9 jam lalu

Close (X)