TribunJualBeli.com

BMKG Ingatkan Adanya Potensi Gelombang Tinggi di 24 Wilayah Indonesia, Ini Daftarnya!

BMKG Ingatkan Adanya Potensi Gelombang Tinggi di 24 Wilayah Indonesia, Ini Daftarnya! Ilustrasi BMKG ingatkan adanya potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah Indonesia | Netral English

TRIBUNJUALBELI.COM - Awal tahun ini. cuaca buruk dan tak menentu masih terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Setelah musibah tsunami di Banten dan Lampung yang terjadi akhir tahun 2018, Hari Jumat (11/1/2019), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini adanya gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia yang dapat mencapai 4 meter.

Dari informasi yang diterima Kompas.com, tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, dan Samudera Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Hal ini disebabkan terdapat dua pola tekanan rendah 1008 hPa dan 1007 hPa di Samudera Hindia barat Aceh dan Samudera Pasifik utara Papua.

Selain itu, peningkatan gelombang tinggi juga disebabkan oleh pola angin di utara Indonesia secara umum dari arah utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 - 25 knot.

Sementara, di selatan wilayah Indonesia secara umum berasal dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-20 knot.

Terpantau, kecepatan angin tertinggi di Laut Natuna Utara, Selat Malaka bagian utara, dan perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud.

Sementara itu, gelombang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter juga berpeluang terjadi di 24 wilayah perairan Indonesia, yaitu

Halaman
123

Editor: Achadiyah Nurul
Sumber: Kompas.com



Artikel Terkait :

Pernahkah membayangkan apa yang terjadi ketika berhenti mengonsumsi pasta dan roti?

Alieza Nurulita Dewi   3 jam lalu

Orang-orang dengan hiperhidrosis seperti tak pernah berhenti memproduksi keringat.

Alieza Nurulita Dewi   4 jam lalu

Cara Memilih Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula, Begini Triknya

ANDKP   4 jam lalu

Jika Anda memiliki kebiasaan ini dan terlalu sering mengunyah es batu, maka Anda harus waspada

Kurniantohanif   4 jam lalu