TribunJualBeli.com

Bahan Bakar Berbasis Fosil Menipis, Kapal Pesiar Norwegia Ini Gunakan Ikan Mati Sebagai Alternatifnya

Bahan Bakar Berbasis Fosil Menipis, Kapal Pesiar Norwegia Ini Gunakan Ikan Mati Sebagai Alternatifnya Kapal pesiar Norwegia (Hurtigruten)

TRIBUNJUALBELI.COM - Bahan bakar berbasis fosil, seperti minyak bumi, saat ini sudah semakin menipis persediaannya, dan juga memberikan polusi yang besar bagi udara dan merubah iklim.

Untuk itu, banyak negara di dunia yang mulai beralih dari bahan bakar minyak ke energi hijau atau bahan bakar alternatif yang tidak menimbulkan polusi dan juga bisa dibuat.

Perusahaan kapal pesiar di Norwegia ini mengikuti inisiatif tersebut dengan cara yang menarik, yaitu menggunakan ikan mati untuk bahan bakar kapal miliknya.

Dilansir dari laporan The Guardian, perusahaan kapal pesiar bernama Hurtigruten ini akan menggunakan biogas yang diproses dari sisa manufakturing ikan.

Jadi, sampah yang biasanya terbuang setelah ikan dijadikan makanan dalam bentuk apapun dan menumpuk di TPS menjadi sumber energi baru untuk kapal pesiar.

Sisa dari proses ikan tersebut akan menjadi bahan utamanya, ditambah dengan sampah organik lain akan dicairkan dan diubah menjadi biogas.

Bagian terpenting dari biogas yang bisa digunakan sebagai bahan bakar mesin adalah Methane, karena sifatnya yang mudah terbakar.

Melalui proses tersebut, waktu yang dibutuhkan oleh sampah organik untuk membusuk dan menghasilkan gas methane dipercepat.

Nantinya, biogas tersebut akan digunakan untuk menjalankan setidaknya enam dari 21 kapal pesiar yang dimiliki Hurtigruten pada 2021.

Tentu saja kapal yang sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak tersebut harus diubah terlebih dahulu supaya bisa bekerja dengan biogas.

Halaman
12

Editor: Hanggara Hendrayana
Sumber: Nextren.grid.id




Artikel Terkait :

Sebelum Mudik, Yuk Cek Komponen Ini Penyebab BBM Mobil Jadi Lebih Boros

ANDKP   12 jam lalu

Setelah melalui banyak drama prank, akhirnya Baim Wong membawa Paula ke salah satu mobil mewah berwarna hitam.

Alieza Nurulita Dewi   13 jam lalu

Tiga Efek Buruk dari Menunda Waktu Berbuka Puasa

ANDKP   13 jam lalu

Anda harus menjaga kebersihan ginjal dengan berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut:

Achadiyah Nurul   13 jam lalu

Close (X)